Kontes Kecantikan yang membutuhkan Sinar-X

Topik Pilihan :

Sepanjang tahun 1950-an hingga 1960-an, ada serangkaian kontes kecantikan populer yang tidak hanya menilai penampilan luar dan kepribadian wanita, tetapi juga tulang dan postur dalam tubuh. Sinar-X dari tubuh para kontestan dinilai bersama dengan postur keseluruhan tubuh mereka untuk menentukan siapa yang memiliki struktur tulang terbaik. Kontes ini merupakan gagasan dari industri chiropractic, dalam usahanya untuk meningkatkan citra publik.

Mereka yang berpikir bahwa standar kecantikan saat ini terlalu tinggi haruslah melihat kembali ke tahun antara 1950-an hingga 1960-an saat wanita harus membuktikan bahwa penampilan mereka benar-benar menakjubkan, baik dari sisi luar maupun dalam.
 
Semua ini terjadi dalam serangkaian kontes kecantikan yang mungkin sudah dilupakan orang saat ini, yang justru merupakan masalah besar bagi peserta kontes yang pernah berlangsung antara tahun 1956 hingga 1968. Kontes yang bertajuk "The Postur Queen" ini dikenal dengan penilaian yang bukan hanya sebatas kecantikan wanita semata, tapi juga kepribadian, ketenangan, dan tentu saja hasil Sinar-X yang dipergunakan untuk menentukan kontestan mana yang memiliki struktur tulang terbaik disamping penilaian fisik luar serta kecerdasan dari masing-masing kontestan. 
 

Mengapa struktur tulang menjadi hal yang cukup penting dalam kontes tersebut? Hal ini justru berkaitan erat dengan para tenaga medis di masa itu, terutama kala itu memang tak ada lisensi untuk seorang dokter ahli tulang. Seorang dokter saat itu masih lebih diklasifikasikan sebagai seorang dukun, hingga penyelenggara kontes berharap penilaian struktur tulang dari para kontestan bisa dijadikan sebuah penghormatan terhadap perjuangan para dokter. Itulah sebabnya asosiasi para dokter berharap penyelenggaraan kontes ini bisa lebih mendekatkan masyarakat dengan dunia kedokteran. Secara keseluruhan, ajang kontes lebih dipergunakan untuk menyebarkan pesan dari para tenaga medis, khusunya para dokter di kala itu bahwa struktur tulang pun menjadi salah satu faktor penting dalam menentukan kesempurnaan tubuh seseorang. Kesempatan pun diambil oleh perusahaan kasur, seperti perusahaan Posture Queen Mattress untuk ikut menjadi sponsor acara tersebut, termasuk dari sisi finansial, sekaligus menggembar-gemborkan produk mereka sebagai alat bantu dalam mendapatkan "tulang belakang yang sehat."

Uniknya, di masa itu justru orang justru tak peduli dengan struktur tulang yang dimiliki oleh wanita terdekatnya. Jadi bisa dibayangkan bahwa para wanita yang mengikuti kontes pun sebenarnya berharap Sinar-X itu tak perlu lagi dijadikan penilaian.

Beruntung (bukan hanya lebih kepada pertimbangan akibat dari radiasi), kontes itu berakhir di tahun 1960. Pada saat itu, para ahli tulang akhirnya mendapatkan lisensi mereka, hingga lebih berharap untuk fokus pada pekerjaan khusus mereka. Dan bagaimana pun juga, cita-cita yang tertanam dari kontes tersebut tentunya sejalan dan masih harus dilestarikan, karena sesuai dengan pesan leluhur yang berharap agar kita selalu berdiri tegak.



Dapatkan artikel terbaru:
*Konfirmasi link akan segera dikirim melalui email Anda*
Tentang Blog: TumaRima
Artikel "Kontes Kecantikan yang membutuhkan Sinar-X", diterjemahkan atau ditulis ulang oleh admin blog TumaRima dari berbagai sumber. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan serta pengetahuan Anda. Dan jika Anda tertarik dengan postingan di atas, dimohon untuk tak lupa mencantumkan juga nama blog TumaRima sebagai sumbernya. Thank's
« Sebelumnya
« Postingan Sebelumnya
Berikutnya »
Postingan Berikutnya »

0 Tanggapan untuk "Kontes Kecantikan yang membutuhkan Sinar-X"

Post a Comment