Kisah Tragis Wanita Transgender Pertama di Dunia

Topik Pilihan :

Pada tahun 1930-an, Lili Elbe merupakan wanita transgender pertama di dunia yang menjalani operasi pergantian kelamin. Ia lahir dengan nama Einar Mogens Wegener di tahun 1882, hingga akhirnya memutuskan untuk menjadi seorang wanita seutuhnya, bahkan sebelum istilah "transgender' ditemukan. Sayang, upaya operasi untuk mewujudkan impiannya tersebut berujung fatal.

Kisah hidup Lili Elbe memang terdengar aneh dan sangat menyedihkan. Lahir di Denmark dengan nama Einar Mogens Wegener, awalnya ia hidup sebagai seorang lelaki normal hingga usianya menginjak sekitar 30 tahun. Bahkan, Einar yang saat itu dikenal sebagai seorang seniman, sempat menikah dengan seorang seniman wanita lainnya bernama Gerda Gottlieb. Tapi dari semuanya itu cukuplah membuktikan bahwa sesungguhnya ia tidak nyaman dengan tubuh lelakinya, bahkan sejak dirinya masih kanak-kanak. Sosoknya yang terlihat lebih feminim, membuat ia seringkali menerima kritik saat melangkahkan kaki keluar rumah, karena orang-orang lebih menganggap dia merupakan seorang gadis yang tengah mengenakan pakaian pria.

Ketika hendak melangsungkan pernikahannya dengan Gerda, sebenarnya sudah terlihat bibit-bibit ketidak-harmonisan di antara keduanya. Pertama, mengenai sosoknya yang banyak disebut orang mirip wanita, dan kedua, Gerda ternyata memiliki ketertarikan pada sesama jenis. Tapi kabar mengenai semua hal itu berlalu seiring kepindahan mereka untuk selanjutnya menetap di Paris.

Meninggalkan negara asalnya, Einar mulai kerap menghilang hanya untuk sekedar bisa menyatu dalam kerumunan warga sebagai sosok yang saat itu belum banyak orang yang menyadarinya, sebagai wanita. Dan agar lebih leluasa untuk tampil sebagai Lili, sosok wanita yang selalu diimpikannya, Gerda yang notabene saat itu masih berstatus sebagai istrinya, diperkenalkan pada orang-orang sebagai adiknya. Gerda bahkan mulai melukis sosok misterius Einar, hingga menyebabkan kehebohan kembali seperti hal yang terjadi saat keduanya masih berada di Denmark. Kebenaran pun akhirnya harus terungkap.

Dengan kehebohan yang ada saat itu, secara tak terduga pemerintah Denmark justru malah memberikan kemudahan untuk melegalkan pergantian status gender Einar dari pria menjadi seorang wanita bernama Lili, dan membatalkan status pernikahannya dengan Gerda. Seluruh kemudahan yang diberikan oleh pemerintah Denmark itu pun terbuka setelah serangkaian operasi pergantian kelamin dilakukan di Jerman. Namun, dengan operasi transplantasi yang saat itu yang masih dalam tahap pengembangan, ditambah kurangnya antibiotik modern, tubuh Lili pun menolak rahim donor. Dengan hanya sedikit waktu yang bisa dinikmati Lili untuk hidup sebagai sosok wanita yang sesungguhnya, berbagai komplikasi yang timbul akhirnya merengut hidupnya. Kini hanya tersisa harapan, semoga hari-hari terakhir yang menyakitkan sebagai seorang wanita membuat Lili Elbe berbahagia.


Update: Kisah hidup Lili Elbe sebagai wanita transgender pertama di dunia yang menjalani operasi pergantian kelamin menginspirasi dibuatnya sebuah film berjudul 'The Danish Girl' yang akan rilis pada tanggal 27 November 2015.

sumber:
https://en.wikipedia.org/wiki/Lili_Elbe
http://www.legacyprojectchicago.org/Lili_Elbe.html
http://www.imdb.com/title/tt0810819/


Dapatkan artikel terbaru:
*Konfirmasi link akan segera dikirim melalui email Anda*
Tentang Blog: TumaRima
Artikel "Kisah Tragis Wanita Transgender Pertama di Dunia", diterjemahkan atau ditulis ulang oleh admin blog TumaRima dari berbagai sumber. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan serta pengetahuan Anda. Dan jika Anda tertarik dengan postingan di atas, dimohon untuk tak lupa mencantumkan juga nama blog TumaRima sebagai sumbernya. Thank's
« Sebelumnya
« Postingan Sebelumnya
Berikutnya »
Postingan Berikutnya »

0 Tanggapan untuk "Kisah Tragis Wanita Transgender Pertama di Dunia"

Post a Comment