Wow!! Inilah Rahasia Baterai Awet hingga Ratusan Tahun !!

Topik Pilihan :

Apa sebenarnya yang selalu menjadi kekhawatiran para pengguna smartphone? Benar, kekhawatiran terbesar adalah jika baterai smartphone yang tengah dipakai akan habis. Tak aneh bila kini beredar banyak macam dan jenis power bank. Namun demikian, akankah kita selamanya mengandalkan power bank? Baterai smartphone pun tentu bisa cepat rusak akibat terlalu sering di isi ulang.

Hingga saat ini masyarakat mungkin hanya mengenal baterai Li-Ion atau Li-Po yang memiliki siklus baterai hingga 500-1000 kali, atau setara 5000 hingga 7000 kali isi ulang yang bila dijumlahkan secara keseluruhan bisa bertahan sekitar 3-4 tahun. Dan kabar baik tersiar bahwa baru-baru ini para peneliti telah menemukan rahasia awet baterai yang bisa bertahan hingga 400 kali lebih lama!

Kalau selama ini agar dapat menghemat baterai smartphone kita sering melakukannya dengan bantuan aplikasi penghemat baterai. Dan itupun, jika siklus umur baterainya telah habis, maka baterai akhirnya akan aus dan rusak. Nah, menurut info yang berhasil didapat, ilmuwan asal Universitas Irvine, Amerika Serikat, berhasil mengembangkan baterai yang bisa bertahan lama. Siklus hidup baterai ini bahkan diklaim bisa bertahan hingga 200.000 kali proses isi ulang! Jadi, bisa dibayangkan baterai ini akan awet untuk penggunaan hingga lebih dari 100 tahun.


Uniknya lagi, penemuan baterai ini rupanya ditemukan secara tidak sengaja oleh seorang ilmuwan bernama Mya Le Thai yang saat itu sedang menjalankan eksprrimen dengan kawat emas nano. Nah, saat kawat ini dilapisi dengan gel elektrolit serupa Plexiglas, dan rupanya kawat emas nano ini bisa kembali ke bentuknya semula walau berkali-kali digunakan dengan aliran listrik. Dengan adanya penemuan ini, mulai dikembangkanlah baterai yang menggunakan kawat emas nano berlapis Plexiglas.

Hanya sayangnya biaya material yang mahal menjadi kendala dalam memproduksi baterai panjang umur ini. Padahal, andai suatu saat baterai ini bisa dikembangkan untuk produksi massal, maka tentu akan sangat bermanfaat dan bakal menjadi penemuan besar yang sangat bermanfaat bukan hanya untuk pasar smartphone, tetapi juga bagi perangkat elektronik lainnya.

 
 
sumber: jalantikus


Dapatkan artikel terbaru:
*Konfirmasi link akan segera dikirim melalui email Anda*
Tentang Blog: TumaRima
Artikel "Wow!! Inilah Rahasia Baterai Awet hingga Ratusan Tahun !!", diterjemahkan atau ditulis ulang oleh admin blog TumaRima dari berbagai sumber. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan serta pengetahuan Anda. Dan jika Anda tertarik dengan postingan di atas, dimohon untuk tak lupa mencantumkan juga nama blog TumaRima sebagai sumbernya. Thank's
« Sebelumnya
« Postingan Sebelumnya
Berikutnya »
Postingan Berikutnya »

1 Tanggapan untuk "Wow!! Inilah Rahasia Baterai Awet hingga Ratusan Tahun !!"